Cara Melihat Jawaban di Google Form

Google Form adalah salah satu layanan gratis yang disediakan oleh Google untuk membuat survei, kuis, dan formulir online. Dalam penggunaannya, Google Form menyediakan beberapa fitur untuk mempermudah pengguna dalam mengelola jawaban dari formulir tersebut. Namun, beberapa pengguna mungkin masih belum mengetahui bagaimana cara melihat jawaban di Google Form secara lengkap.

Nah, berikut ini adalah tutorial lengkap tentang cara melihat jawaban di Google Form yang kita buat. Selengkapnya simak artikel dibawah ini.

Mengakses Google Form

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengakses Google Form. Caranya cukup mudah, yakni dengan membuka browser dan masuk ke halaman Google Form. Setelah itu, buat formulir sesuai dengan kebutuhan. Formulir ini akan digunakan untuk mengumpulkan jawaban dari responden.

Mengatur Pengaturan Formulir

Sebelum mulai mengumpulkan jawaban dari responden, kalian perlu mengatur pengaturan formulir terlebih dahulu. Beberapa pengaturan yang perlu dilakukan, antara lain:

  • Pengaturan umum: Di sini kalian dapat menentukan judul formulir, deskripsi, dan tema. kalian juga dapat mengaktifkan atau menonaktifkan pilihan untuk mengumpulkan email responden dan memperlihatkan link jawaban.
  • Pertanyaan: Di sini kalian dapat menambahkan pertanyaan yang ingin ditanyakan kepada responden. Ada beberapa jenis pertanyaan yang bisa dipilih, seperti pilihan gkalian, isian singkat, dan jawaban panjang.
  • Logika: Di sini kalian dapat menambahkan logika yang akan digunakan pada formulir. Logika ini akan menentukan jawaban apa yang akan muncul berdasarkan jawaban sebelumnya.

Mengumpulkan Jawaban

Setelah mengatur pengaturan formulir, kalian bisa mulai mengumpulkan jawaban dari responden. Ada beberapa cara untuk mengumpulkan jawaban di Google Form, antara lain:

  • Menggunakan link formulir: kalian bisa membagikan link formulir ke responden melalui email atau media sosial. Setelah responden mengisi formulir, jawaban akan tersimpan secara otomatis di Google Form.
  • Menambahkan formulir ke situs web: Jika kalian memiliki situs web, kalian bisa menambahkan formulir ke situs web kalian. Caranya cukup mudah, yaitu dengan menyalin kode HTML yang disediakan oleh Google Form dan menempelkannya ke situs web kalian.
  • Menggunakan QR code: kalian juga bisa membuat QR code dari link formulir. Setelah itu, kalian bisa membagikan QR code tersebut ke responden. Ketika responden memindai QR code tersebut, ia akan diarahkan ke formulir yang sudah dibuat.
Read More:   Ini Cara Mudah Scroll Otomatis Tiktok Tanpa Aplikasi

Melihat Jawaban

Setelah jawaban dari responden terkumpul, kalian bisa melihat jawaban tersebut. Ada beberapa cara untuk melihat jawaban di Google Form, antara lain:

  • Menggunakan menu jawaban: Di menu jawaban, kalian bisa melihat semua jawaban yang telah terkumpul. kalian juga bisa menambahkan filter untuk melihat jawaban yang spesifik. Filter ini bisa berdasarkan tanggal, pertanyaan, atau jawaban.
  • Menggunakan Google Spreadsheet: Setiap kali responden mengisi formulir, jawaban tersebut akan disimpan di Google Spreadsheet. kalian bisa membuka Google Spreadsheet tersebut untuk melihat jawaban responden dan melakukan analisis lebih lanjut, seperti membuat grafik atau diagram untuk memvisualisasikan data.
  • Menggunakan Google Data Studio: Google Data Studio adalah salah satu produk dari Google yang memungkinkan kalian untuk membuat laporan visual dari data yang ada di Google Form. Dengan menggunakan Google Data Studio, kalian bisa membuat laporan yang lebih menarik dan mudah dipahami.

Mengirimkan Notifikasi

Google Form juga menyediakan fitur notifikasi yang bisa membantu kalian untuk melihat jawaban secara real-time. kalian bisa mengatur notifikasi melalui email atau ponsel. Setiap kali ada jawaban yang masuk, kalian akan menerima notifikasi yang akan memberitahu kalian tentang jawaban tersebut.

Menyimpan dan Mengekspor Jawaban

Setelah melihat jawaban, kalian juga bisa menyimpan dan mengekspor jawaban tersebut. Ada beberapa format file yang bisa dipilih, seperti CSV, PDF, dan XLSX. kalian juga bisa memilih untuk mengekspor semua jawaban atau hanya jawaban yang telah difilter.

Kesimpulan

Mengelola jawaban di Google Form tidaklah sulit. Dengan menggunakan tutorial di atas, kalian bisa dengan mudah mengakses, mengumpulkan, dan menganalisis jawaban dari formulir yang telah dibuat. Namun, tidak hanya itu saja, Google Form juga menyediakan fitur-fitur lain yang bisa membantu kalian dalam mengelola formulir, seperti membuat pratinjau, mengatur akses, dan menambahkan tema. Semua fitur ini bisa membantu kalian untuk membuat formulir yang lebih menarik dan mudah digunakan oleh responden.

Read More:   Cara Logout Akun Google dengan Mudah dan Aman

Demikianlah tutorial lengkap dari Senjanesia tentang cara melihat jawaban di Google Form secara mudah. Sekian, semoga artikel ini bermanfaat!

Leave a Comment