Cara Membuat Google Site: Panduan Lengkap untuk Pemula

Apakah Anda ingin membuat situs web yang menarik dan profesional tanpa perlu menguasai bahasa pemrograman atau desain grafis? Jika ya, Google Site adalah pilihan terbaik untuk Anda. Google Site adalah platform pembuatan situs web gratis dari Google yang mudah digunakan, fleksibel, dan dapat diakses dari mana saja. Dalam artikel ini, Senjanesia akan membahas secara detail tentang cara membuat Google Site untuk pemula.

Apa itu Google Site?

Google Site adalah platform pembuatan situs web gratis yang dikembangkan oleh Google. Dengan Google Site, Anda dapat membuat situs web tanpa harus menguasai bahasa pemrograman atau desain grafis. Google Site menyediakan berbagai fitur dan alat yang mudah digunakan, seperti tema yang dapat disesuaikan, tata letak yang fleksibel, dan integrasi dengan produk Google lainnya, seperti Google Drive dan Google Forms.

Cara Membuat Google Site

google sites

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat situs web menggunakan Google Site.

Login ke Akun Google Anda

Langkah pertama untuk membuat Google Site adalah login ke akun Google Anda. Jika Anda belum memiliki akun Google, Anda harus membuat akun terlebih dahulu. Setelah login, buka Google Site dengan mengunjungi situs https://sites.google.com/new.

Pilih Jenis Situs Web yang Ingin Dibuat

Setelah membuka Google Site, pilih jenis situs web yang ingin Anda buat. Google Site menyediakan dua jenis situs web, yaitu situs web klasik dan situs web baru. Situs web klasik adalah situs web yang sudah lama ada dan memiliki tampilan yang lebih kuno, sedangkan situs web baru adalah situs web yang memiliki tampilan yang lebih modern dan dapat disesuaikan lebih baik.

Pilih Tema dan Tampilan

Setelah memilih jenis situs web, pilih tema dan tampilan situs web Anda. Google Site menyediakan berbagai tema yang dapat disesuaikan dengan preferensi Anda. Anda juga dapat mengedit tema dan tampilan situs web Anda menggunakan pengaturan yang tersedia.

Read More:   Cara Menghapus Riwayat Pesanan di Shopee

Tambahkan Halaman ke Situs Web Anda

Setelah memilih tema dan tampilan, tambahkan halaman ke situs web Anda. Google Site menyediakan beberapa jenis halaman, seperti halaman beranda, halaman kontak, dan halaman produk. Anda dapat memilih jenis halaman yang ingin Anda tambahkan dan mengeditnya sesuai kebutuhan.

Edit dan Personalisasi Halaman Anda

Setelah menambahkan halaman ke situs web Anda, edit dan personalisasi halaman Anda. Anda dapat menambahkan teks, gambar , video, grafik, dan widget lainnya ke halaman Anda. Google Site menyediakan berbagai alat dan fitur untuk membantu Anda mengedit dan personalisasi halaman Anda dengan mudah.

Tambahkan Konten ke Halaman Anda

Setelah halaman Anda siap, tambahkan konten ke halaman Anda. Konten yang dapat ditambahkan ke halaman Google Site termasuk teks, gambar, video, formulir, kalender, dan file dari Google Drive. Anda dapat menambahkan konten dengan mengeklik tombol “Tambahkan konten” di sisi kanan halaman.

Publikasikan Situs Web Anda

Setelah semua halaman dan konten sudah siap, publikasikan situs web Anda. Untuk mempublikasikan situs web Anda, klik tombol “Publikasikan” di sudut kanan atas halaman. Setelah itu, situs web Anda akan tersedia untuk dilihat oleh orang lain.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kita telah membahas cara membuat Google Site. Google Site adalah platform pembuatan situs web yang mudah digunakan dan gratis dari Google. Dengan mengikuti langkah-langkah yang dijelaskan di atas, Anda dapat membuat situs web yang menarik dan profesional dalam waktu singkat. Selain itu, Google Site menyediakan berbagai fitur dan alat yang dapat membantu Anda mengedit, personalisasi, dan mempublikasikan situs web Anda dengan mudah. Jadi, cobalah membuat situs web menggunakan Google Site dan mulailah mengeksplorasi kreativitas Anda!

Read More:   Cara Menghitung Hari Jadian Pacaran, Mudah & Efektif!

Leave a Comment