Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus Permanen di HP Tanpa Aplikasi

Kehilangan foto-foto penting di HP merupakan hal yang menyebalkan dan menyedihkan. Terkadang, foto-foto tersebut dihapus secara tidak sengaja atau karena HP mengalami kerusakan. Namun, tahukah kamu bahwa foto yang terhapus secara permanen di HP masih bisa dikembalikan tanpa menggunakan aplikasi? Di artikel ini, kamu akan mempelajari cara mengembalikan foto yang terhapus permanen di HP tanpa aplikasi dengan mudah dan cepat.

Apa itu Foto yang Terhapus Permanen di HP?

Ketika kamu menghapus foto di HP, sebenarnya foto tersebut belum benar-benar terhapus secara permanen. Foto tersebut masih bisa dikembalikan dengan menggunakan aplikasi recovery data atau fitur bawaan HP. Namun, ketika kamu menghapus foto secara permanen, artinya kamu telah menghapusnya secara manual dan foto tersebut tidak lagi ada di HP kamu.

Apa Penyebab Foto Terhapus Permanen di HP?

Ada beberapa alasan mengapa foto bisa terhapus secara permanen di HP. Beberapa penyebab umum antara lain:

  • Human error, seperti menghapus foto secara tidak sengaja atau karena salah memilih file yang akan dihapus.
  • Kerusakan pada HP, seperti virus atau crash sistem.
  • Pemulihan sistem HP ke pengaturan pabrik yang menghapus semua data di dalamnya.

Bagaimana Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus Permanen di HP Tanpa Aplikasi?

Meskipun terdengar sulit, namun kamu masih bisa mengembalikan foto yang terhapus permanen di HP tanpa aplikasi dengan langkah-langkah berikut:

Cek folder ‘Trash’ atau ‘Recycle Bin’

Beberapa HP memiliki folder ‘Trash’ atau ‘Recycle Bin’ yang menyimpan file yang dihapus. Cek folder tersebut dan lihat apakah foto yang hilang masih ada di dalamnya.

Cek folder ‘Google Photos’ atau ‘iCloud’

Jika kamu menyimpan foto di Google Photos atau iCloud, coba cek kembali apakah foto tersebut masih ada di dalamnya.

Read More:   Apk Madsaz: Aplikasi Penerjemah Tangisan Bayi

Cek folder ‘DCIM’

Folder ‘DCIM’ merupakan tempat penyimpanan default untuk foto dan video di HP Android. Cek kembali apakah foto yang hilang masih ada di dalam folder ini.

Gunakan Fitur Google Photos

Jika kamu mengaktifkan fitur sinkronisasi Google Photos, maka setiap foto yang diambil atau disimpan di HP akan otomatis terunggah ke Google Photos. Coba cari foto yang hilang di dalam aplikasi Google Photos.

Cek Backup Data

Beberapa HP memiliki fitur backup data, seperti Samsung Cloud atau Google Drive. Coba cek apakah foto yang hilang masih ada di dalam backup data.

Gunakan Command Prompt di Windows

Jika kamu menghubungkan HP ke komputer Windows, kamu bisa mencoba menggunakan command prompt untuk mengembalikan foto yang terhapus permanen. Caranya cukup mudah, cukup hubungkan HP ke komputer dan ikuti langkah-langkah berikut:

  • Pertama-tama, hubungkan HP kamu ke komputer menggunakan kabel USB.
  • Kemudian, buka Command Prompt dengan cara tekan tombol Windows + R, ketik “cmd”, dan tekan Enter.
  • Ketik “chkdsk [drive letter] /f” dan tekan Enter. [Drive letter] adalah huruf drive tempat foto yang terhapus sebelumnya tersimpan. Contohnya, jika fotomu terhapus dari drive D, maka perintahnya adalah “chkdsk D: /f”.
  • Command Prompt akan memeriksa keberadaan file yang hilang dan mencoba memperbaiki masalahnya.
  • Jika prosesnya berhasil, foto yang terhapus mungkin akan muncul kembali di folder tempat asalnya atau di folder Recycle Bin di HP.
  • Jika langkah sebelumnya tidak berhasil, coba ketik “attrib -h -r -s /s /d [drive letter]:.” dan tekan Enter. Perintah ini akan mencari file yang tersembunyi, dihapus atau sistem yang terkunci di drive tersebut dan menghapus atributnya, sehingga dapat ditemukan kembali.
  • Jika langkah-langkah di atas tidak berhasil, cobalah menggunakan perangkat lunak khusus pemulihan data atau menghubungi layanan perbaikan HP yang tersedia.
Read More:   Cek Tagihan Kredit Plus di Tokopedia, Shopee, Gopay dan Tanpa Aplikasi

Gunakan Command Prompt di Mac

Jika kamu menggunakan Mac, kamu bisa menggunakan Terminal untuk mengembalikan foto yang terhapus permanen di HP. Caranya hampir sama dengan menggunakan Command Prompt di Windows:

  • Pertama-tama, hubungkan HP kamu ke Mac menggunakan kabel USB.
  • Kemudian, buka Terminal dengan cara buka folder “Applications”, pilih folder “Utilities”, dan klik dua kali pada “Terminal”.
  • Ketik ‘diskutil list’ dan tekan enter. Perintah ini akan menampilkan daftar disk yang tersedia pada komputer Mac, termasuk HP kamu. Pastikan untuk mencatat nomor disk HP kamu.
  • Selanjutnya, ketik ‘sudo fsck_hfs -fy /dev/[disk number]’ dan tekan enter. [Disk number] adalah nomor disk HP kamu yang telah dicatat sebelumnya. Misalnya, jika nomor disk HP kamu adalah disk1, perintahnya adalah ‘sudo fsck_hfs -fy /dev/disk1’.
  • Terminal akan memeriksa keberadaan file yang hilang dan mencoba memperbaiki masalahnya.
  • Jika prosesnya berhasil, foto yang terhapus mungkin akan muncul kembali di folder tempat asalnya atau di folder Recycle Bin di HP.
  • Jika langkah sebelumnya tidak berhasil, cobalah menggunakan perangkat lunak khusus pemulihan data atau menghubungi layanan perbaikan HP yang tersedia.

Itulah beberapa cara untuk mengembalikan foto yang terhapus permanen di HP tanpa aplikasi. Ingatlah bahwa meskipun langkah-langkah ini dapat membantu kamu memulihkan foto yang hilang, tidak selalu berhasil untuk setiap kasus. Oleh karena itu, penting untuk selalu melakukan backup data secara teratur agar terhindar dari kehilangan data yang tidak diinginkan.

Kesimpulan

Mengembalikan foto yang terhapus permanen di HP tanpa aplikasi memang memerlukan sedikit usaha dan kesabaran. Namun, dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu masih memiliki kesempatan untuk mendapatkan kembali foto yang hilang. Selain itu, untuk mencegah terjadinya hal serupa di masa depan, kamu bisa melakukan backup data secara berkala atau menggunakan aplikasi khusus untuk menyimpan foto dan video agar tidak hilang begitu saja. Semoga informasi ini bermanfaat dan berhasil membantu kamu mengembalikan foto yang hilang di HP.

Read More:   Cara Download Google Meet di Laptop

Leave a Comment