Cara Blokir Pengguna WiFi Indihome

Indihome adalah salah satu penyedia layanan internet yang cukup populer di Indonesia. Dalam kehidupan sehari-hari, penggunaan internet sudah menjadi hal yang penting bagi sebagian besar orang. Namun, terkadang kita perlu melakukan pembatasan akses ke jaringan WiFi, misalnya saat ada tamu yang datang dan ingin menggunakan jaringan internet kita, namun kita tidak ingin mereka mengakses semua konten yang ada di internet. Maka dari itu, dalam artikel ini Senjanesia akan memberikan penjelasan mengenai cara blokir pengguna WiFi Indihome dengan mudah dan cepat.

Sebelum kita mulai, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan. Pertama, pastikan bahwa kamu sudah terhubung ke jaringan WiFi Indihome yang ingin kamu blokir penggunaannya. Kedua, pastikan kamu memiliki hak akses sebagai administrator jaringan WiFi tersebut. Tanpa hak akses, kamu tidak bisa melakukan tindakan apapun pada jaringan WiFi tersebut.

Setelah itu, berikut adalah beberapa cara blokir pengguna WiFi Indihome:

Menggunakan Fitur Blokir pada Router

Salah satu cara paling mudah untuk memblokir pengguna WiFi Indihome adalah dengan menggunakan fitur blokir pada router. Setiap router Indihome biasanya sudah dilengkapi dengan fitur ini, dan kamu bisa mengaksesnya melalui halaman konfigurasi router.

Untuk mengakses halaman konfigurasi router, kamu perlu mengetahui alamat IP router Indihome. Biasanya, alamat IP router Indihome adalah 192.168.1.1 atau 192.168.100.1. Namun, jika kamu tidak yakin, kamu bisa mencari alamat IP router tersebut di Google dengan cara mengetik “cara mengetahui alamat IP router Indihome”.

Setelah kamu mengetahui alamat IP router Indihome, kamu bisa membuka halaman konfigurasi router dengan memasukkan alamat IP tersebut ke dalam browser. Setelah itu, kamu perlu memasukkan username dan password administrator untuk bisa masuk ke dalam halaman konfigurasi router.

Read More:   Cara Mengecek Sisa Kuota Indosat dengan Mudah

Setelah berhasil masuk ke dalam halaman konfigurasi router, cari menu “Wireless” atau “WiFi”. Di dalam menu tersebut, biasanya terdapat opsi “Access Control” atau “Access Restriction”. Pilih opsi tersebut, dan kamu akan melihat daftar semua perangkat yang terhubung ke jaringan WiFi Indihome.

Untuk memblokir pengguna WiFi Indihome, cukup pilih perangkat yang ingin diblokir, kemudian klik tombol “Block” atau “Deny”. Setelah itu, perangkat tersebut tidak akan bisa terhubung ke jaringan WiFi Indihome lagi.

Menggunakan Aplikasi Pihole

Selain menggunakan fitur blokir pada router, kamu juga bisa menggunakan aplikasi Pihole untuk memblokir pengguna WiFi Indihome. Pihole adalah aplikasi open source yang berfungsi sebagai DNS sinkhole, yaitu mengarahkan semua permintaan DNS ke alamat IP yang tidak berlaku atau kosong.

Dengan menggunakan Pihole, kamu bisa memblokir semua situs atau domain tertentu yang ingin kamu blokir. Misalnya, jika kamu ingin memblokir akses ke situs pornografi atau situs-situs yang mengandung konten negatif, kamu bisa menambahkan daftar situs tersebut ke dalam daftar blokir pada Pihole.

Untuk menggunakan Pihole, kamu perlu memasang aplikasi ini di komputer atau Raspberry Pi yang terhubung ke jaringan WiFi Indihome. Setelah itu, kamu perlu mengatur konfigurasi DNS di router Indihome agar mengarah ke alamat IP Pihole.

Setelah berhasil menghubungkan router Indihome ke Pihole, kamu bisa menambahkan daftar situs yang ingin diblokir ke dalam daftar blokir pada Pihole. Untuk melakukannya, kamu bisa membuka halaman konfigurasi Pihole dengan memasukkan alamat IP Pihole ke dalam browser.

Setelah berhasil masuk ke dalam halaman konfigurasi Pihole, cari menu “Blocklists”. Di dalam menu tersebut, kamu bisa menambahkan daftar situs atau domain yang ingin diblokir. Kamu bisa mencari daftar situs tersebut di internet, atau membuat daftar sendiri berdasarkan konten yang ingin kamu blokir.

Read More:   Cara Convert Pulsa ke ShopeePay Rate Tinggi

Setelah menambahkan daftar blokir, kamu perlu memperbarui konfigurasi Pihole agar daftar blokir tersebut bisa diterapkan pada jaringan WiFi Indihome. Untuk melakukannya, kamu bisa menekan tombol “Update Lists” pada halaman konfigurasi Pihole.

Setelah berhasil memperbarui konfigurasi Pihole, semua situs atau domain yang terdapat dalam daftar blokir akan diblokir pada jaringan WiFi Indihome.

Menggunakan Aplikasi Router Limits

Selain menggunakan fitur blokir pada router dan aplikasi Pihole, kamu juga bisa menggunakan aplikasi Router Limits untuk memblokir pengguna WiFi Indihome. Router Limits adalah aplikasi yang berfungsi sebagai parental control, yaitu membatasi akses ke konten yang tidak pantas atau tidak diinginkan.

Dengan menggunakan Router Limits, kamu bisa membatasi akses ke situs tertentu, atau membatasi waktu penggunaan jaringan WiFi Indihome. Misalnya, jika kamu ingin membatasi waktu penggunaan jaringan WiFi Indihome pada anak-anak, kamu bisa mengatur waktu akses hanya pada jam-jam tertentu.

Untuk menggunakan Router Limits, kamu perlu memasang aplikasi ini di router Indihome. Sayangnya, tidak semua router Indihome mendukung aplikasi ini, jadi pastikan bahwa router Indihome yang kamu gunakan sudah mendukung aplikasi Router Limits sebelum mencobanya.

Setelah berhasil memasang aplikasi Router Limits di router Indihome, kamu bisa mengatur konfigurasi parental control sesuai dengan keinginanmu. Kamu bisa membatasi akses ke situs tertentu, atau membatasi waktu penggunaan jaringan WiFi Indihome pada jam-jam tertentu.

Untuk mengatur konfigurasi parental control pada Router Limits, kamu bisa membuka halaman konfigurasi router dengan memasukkan alamat IP router Indihome ke dalam browser. Setelah itu, cari menu “Parental Control” atau “Access Control”, dan kamu akan melihat semua opsi yang tersedia.

Setelah berhasil mengatur konfigurasi parental control pada Router Limits, semua pengguna WiFi Indihome akan dibatasi aksesnya sesuai dengan konfigurasi yang telah kamu tentukan.

Read More:   Cara Convert Pulsa ke OVO Rate Tinggi, Murah!

Kesimpulan

Menjaga keamanan jaringan WiFi Indihome memang sangat penting untuk mencegah akses tidak sah dan melindungi privasi pengguna. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memblokir pengguna WiFi Indihome, seperti menggunakan fitur blokir pada router, aplikasi Pihole, dan aplikasi Router Limits.

Setiap metode memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, sehingga kamu bisa memilih metode yang paling sesuai dengan kebutuhanmu. Namun, perlu diingat bahwa penggunaan metode-metode tersebut harus dilakukan dengan bijak dan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Selain itu, kamu juga bisa mengambil langkah-langkah lain untuk menjaga keamanan jaringan WiFi Indihome, seperti mengubah password secara berkala, mengaktifkan enkripsi WPA2-PSK, dan membatasi akses ke router. Dengan melakukan langkah-langkah tersebut, kamu bisa memastikan bahwa jaringan WiFi Indihome aman dan terlindungi dari ancaman yang tidak diinginkan.

Sekian artikel tentang cara blokir pengguna WiFi Indihome. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan membantu kamu dalam menjaga keamanan jaringan WiFi Indihome. Jangan lupa untuk selalu memperbarui perangkat dan mengikuti perkembangan teknologi yang terbaru untuk menjaga keamanan jaringanmu. Terima kasih telah membaca!

Leave a Comment