Cara Melihat Password WiFi yang Terkunci Tanpa Aplikasi

Ketika Anda berada di suatu tempat yang memiliki jaringan WiFi yang terkunci, Anda mungkin merasa frustasi karena tidak dapat mengakses internet dengan mudah. Namun, ada beberapa cara untuk melihat password WiFi yang terkunci tanpa menggunakan aplikasi tambahan. Dalam artikel ini, Senjanesia akan membahas beberapa cara yang efektif untuk melihat password WiFi yang terkunci.

Menggunakan Command Prompt

Salah satu cara paling umum untuk melihat password WiFi yang terkunci adalah dengan menggunakan Command Prompt. Ini adalah alat bawaan yang ada di semua komputer Windows dan dapat digunakan untuk mengambil informasi tentang jaringan WiFi yang terhubung.

Langkah pertama adalah membuka Command Prompt. Anda dapat melakukannya dengan mengetik “cmd” di kolom pencarian pada menu Start atau dengan menekan tombol “Windows + R” dan mengetik “cmd” pada kotak dialog “Run”.

Kemudian, ketik “netsh wlan show profile” pada baris perintah dan tekan Enter. Ini akan menampilkan daftar semua jaringan WiFi yang pernah terhubung ke komputer Anda.

Pilih jaringan yang ingin Anda lihat passwordnya dan ketik “netsh wlan show profile (nama jaringan) key=clear” pada baris perintah. Ganti “nama jaringan” dengan nama jaringan WiFi yang ingin Anda lihat passwordnya.

Setelah Anda mengetik perintah tersebut, informasi jaringan akan ditampilkan di layar, termasuk passwordnya. Password akan ditampilkan di bawah opsi “Key Content”.

Menggunakan Router

Cara lain untuk melihat password WiFi yang terkunci adalah dengan mengakses router. Router adalah perangkat yang mengontrol jaringan WiFi dan dapat memberikan akses ke informasi yang lebih rinci tentang jaringan tersebut.

Untuk mengakses router, Anda perlu mengetahui alamat IP router. Anda dapat menemukan informasi ini di bagian bawah router atau pada manual pengguna.

Read More:   Cara Mudah dan Cepat Cek Nomor Telkomsel dengan Berbagai Metode

Buka browser web dan ketik alamat IP router pada bilah alamat. Ini akan membuka halaman login router. Anda perlu memasukkan nama pengguna dan kata sandi yang tepat untuk mengakses halaman ini. Nama pengguna dan kata sandi default dapat ditemukan di manual pengguna router.

Setelah Anda berhasil masuk ke halaman router, cari opsi yang mengacu pada jaringan WiFi. Biasanya ini akan disebut “Wireless” atau “WiFi”.

Cari opsi untuk mengubah password. Biasanya ini akan disebut “Password” atau “Security Key”.

Setelah Anda menemukan opsi untuk mengubah password, Anda dapat melihat password yang sedang digunakan saat ini. Anda dapat mengubah password jika Anda ingin menggunakan jaringan WiFi tersebut di perangkat lain.

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Selain menggunakan Command Prompt dan router, Anda juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk melihat password WiFi yang terkunci. Ada banyak aplikasi yang tersedia di internet yang dapat membantu Anda melakukannya.

Namun, perlu diingat bahwa menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk melihat password WiFi dapat membahayakan keamanan jaringan Anda. Beberapa aplikasi mungkin mengandung virus atau malware yang dapat merusak komputer Anda atau mencuri informasi pribadi Anda. Oleh karena itu, pastikan untuk memilih aplikasi yang tepercaya dan aman sebelum mengunduh dan menginstalnya di komputer Anda.

Jika Anda memilih untuk menggunakan aplikasi pihak ketiga, pastikan untuk mengikuti petunjuk dengan hati-hati dan berhati-hati saat menginstalnya. Pastikan juga bahwa aplikasi tersebut diunduh dari sumber yang tepercaya dan aman.

Menggunakan Command Prompt di Mac

Jika Anda menggunakan Mac, Anda dapat menggunakan Terminal untuk melihat password WiFi yang terkunci. Terminal adalah aplikasi bawaan di Mac yang mirip dengan Command Prompt di Windows.

Read More:   Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Tanpa Aplikasi

Langkah pertama adalah membuka Terminal. Anda dapat melakukannya dengan mengetik “Terminal” di Spotlight Search atau dengan membuka Finder, pergi ke “Applications”, dan mencari Terminal.

Ketik “security find-generic-password -wa nama jaringan” pada baris perintah dan tekan Enter. Ganti “nama jaringan” dengan nama jaringan WiFi yang ingin Anda lihat passwordnya.

Anda mungkin diminta memasukkan kata sandi administrator Mac Anda. Setelah Anda memasukkan kata sandi, Terminal akan menampilkan password jaringan di layar.

Menggunakan Router di Mac

Jika Anda menggunakan Mac dan ingin melihat password WiFi yang terkunci tanpa menggunakan Terminal, Anda dapat mengakses router seperti yang dijelaskan sebelumnya.

Langkah-langkahnya sama seperti mengakses router pada komputer Windows. Pertama, temukan alamat IP router Anda dengan memeriksa manual pengguna atau mencarinya di internet.

Kemudian, buka browser web dan ketik alamat IP router pada bilah alamat. Masukkan nama pengguna dan kata sandi yang tepat untuk masuk ke halaman login router.

Cari opsi untuk mengubah password WiFi dan Anda dapat melihat password yang sedang digunakan saat ini. Anda juga dapat mengubah password jika Anda ingin menggunakan jaringan WiFi tersebut di perangkat lain.

Kesimpulan

Melihat password WiFi yang terkunci tanpa aplikasi dapat dilakukan dengan beberapa cara yang berbeda, seperti menggunakan Command Prompt, mengakses router, atau menggunakan Terminal di Mac. Namun, pastikan untuk melakukannya dengan hati-hati dan berhati-hati agar tidak membahayakan keamanan jaringan Anda. Jika Anda tidak yakin atau tidak nyaman melakukannya sendiri, Anda dapat meminta bantuan dari ahli IT atau teknisi jaringan yang berpengalaman.

Leave a Comment