Ini 6 Cara Mengatasi Hp Iphone Panas dan Baterai Boros

Bagi pengguna iPhone pasti sudah tidak asing lagi dengan ponsel yang cepat panas. Nah, melalui postingan kali ini admin akan membagikan beberapa cara mengatasi HP iPhone panas, simak pembahasannya dibawah ini.

Hp iPhone cepat panas, pasti bukan tanpa alasan. Ini mungkin karena ada masalah dengan ponsel. Meski di kalangan pengguna smartphone, iOS merupakan sistem operasi yang sangat hardcore yang jarang menemui masalah. Namun, beberapa jenis iPhone, terutama model lama, dapat menjadi terlalu panas. Karena iPhone tidak lagi bekerja dengan mudah karena aplikasi saat ini berukuran besar dan menampilkan grafik berkualitas tinggi. Jadi iPhone harus bekerja sangat keras, dan dampaknya pada ponsel cepat panas.

Ada sejumlah penyebab iPhone cepat panas, dan penting untuk mengetahui penyebab ini. Penyebab iPhone cepat panas biasanya disertai dengan pengisian daya yang melambat atau sering terhenti, kepala charger panas, dan penggunaan iPhone sering tersendat atau lamban atau nge-lag.

Penyebab Iphone Panas

Penyebab Iphone Panas

Kondisi iPhone yang cepat panas biasanya dipicu oleh pengguna yang terlalu banyak menggunakan ponsel. Selain itu, iPhone cepat panas, yang bisa menjadi pertanda ada masalah dengan baterai.

Inilah beberapa penyebab iPhone cepat panas yang harus Anda ketahui, sebelum masalah yang lebih serius terjadi pada iPhone Anda.

1. Kerusakan Baterai

Baterai iPhone yang rusak akan cepat panas dan tidak tahan lama saat digunakan. Jika ini memang akar penyebab iPhone panas, maka segera matikan dan perbaiki. Karena sistem iOS memiliki peringatan jika suhu di atas batas standar, peringatan ini akan selalu muncul ketika iPhone dianggap kepanasan. iOS akan meminta Anda untuk mematikan iPhone sementara hingga suhu kembali normal.
Solusi untuk masalah ini adalah dengan melakukan penggantian baru dan menghindari penggunaan iPhone saat mengisi daya.

Baca Juga:   Penyebab HP Xiaomi Mati Sendiri Padahal Baterai Penuh

2. Menggunakan Iphone Saat Mengisi Daya

Penyebab lain dari iPhone yang terlalu panas adalah menggunakan iPhone saat sedang diisi daya. Saat cabai digunakan, baterai akan terisi lebih lambat dari biasanya. Walaupun efeknya tidak langsung. Namun, menggunakannya seperti itu terus menerus akan memicu iPhone cepat panas.

3. Kinerja Prosesor Terlalu Berat

Jika Anda menggunakan iPhone untuk memainkan game grafis, mengedit video, dan membuat video 4K, Anda akan melihat bahwa baterai cepat habis dan bagian belakang iPhone akan terasa sangat panas. Ini karena iPhone tidak memiliki pendingin atau kipas untuk mendinginkan prosesor. Selain itu, casing iPhone yang terbuat dari logam tidak mampu mengusir panas dengan sendirinya.

4. Menggunakan Iphone di Tempat Panas

Menggunakan iPhone Anda di bawah terik matahari dan menyimpan iPhone Anda di dalam mobil adalah sesuatu yang harus Anda hindari. Ini akan menyebabkan iPhone menjadi terlalu panas. Usahakan untuk selalu menyimpan iPhone di tempat teduh atau di tempat tertutup. Paparan sinar matahari yang terlalu lama secara tidak langsung akan mempengaruhi kesehatan baterai dari waktu ke waktu. Saat iPhone terlalu panas, menyebabkan baterai tidak dapat menyimpan energi dengan baik, sehingga Anda akan merasa lamban saat menggunakan ponsel.

5. Menggunakan GPS Terlalu Lama

Mengaktifkan navigasi GPS terlalu lama akan membuat prosesor selalu berada pada performa maksimalnya. Hal ini menyebabkan iPhone menjadi panas, karena jumlah daya yang digunakan selama pemrosesan yang menghabiskan banyak daya. Menggunakan aplikasi yang memerlukan koneksi GPS juga akan membuat iPhone terlalu panas.

Baca Juga:   Ini Cara Mengatasi HP Tidak Ada Suara dan Penyebabnya!

6. Live Streaming atau Bermain Game Terlalu Lama

Saat Anda live streaming di media sosial secara langsung, pasti layar akan tetap menyala sementara CPU dan GPU bekerja terus menerus. Hal ini akan berdampak pada peningkatan konsumsi daya dan iPhone menjadi panas.

Bagaimana Cara Mengatasi Hp Iphone Panas dan Baterai Boros?

cara mengatasi  Hp Iphone Cepat Panas dan Baterai Boros

1. Nonaktifkan GPS

Gunakan GPS hanya jika benar-benar diperlukan. Jika Anda sering menggunakan aplikasi yang meminta koneksi GPS, tolak saja. Untuk menghemat lebih banyak daya untuk menghindari GPS selalu aktif di latar belakang.

2. Tutup Aplikasi yang Tidak Perlu

Selalu matikan aplikasi saat Anda selesai menggunakannya. Sehingga kinerja prosesor tidak terlalu berat karena terlalu banyak aplikasi yang berjalan secara bersamaan. Biasanya, media sosial dan aplikasi messenger, meski tidak digunakan, selalu muncul notifikasi saat ada pesan masuk.

3. Copot Aplikasi yang Tidak Perlu

Menginstal terlalu banyak aplikasi akan membuat ruang penyimpanan menjadi boros dan RAM berat. Hal ini akan mengakibatkan HP menjadi lambat atau lag saat digunakan.

4. Kurangi Kecerahan

Menghemat daya bisa dilakukan dengan mengurangi kecerahan layar iPhone Anda. Kecerahan di atas 60% atau lebih akan membuat iPhone panas dan daya cepat terkuras.

5. Gunakan Mode Pesawat

Koneksi jaringan yang buruk atau lemah akan membuat baterai cepat habis dan ponsel menjadi panas. Anda harus pindah ke daerah lain untuk mendapatkan sinyal yang kuat. Atau gunakan mode pesawat untuk mencegah baterai terkuras dan penumpukan panas.

Baca Juga:   Terlaris! Ini 5 HP Note Murah Dibawah 2 juta Versi Xiaomi

6. Aktifkan Mode Hemat Baterai

Cara paling praktis untuk melakukannya adalah dengan mengaktifkan mode daya rendah. Ini akan menghentikan aplikasi yang tidak perlu berjalan di latar belakang dan secara otomatis meredupkan layar ponsel. Biasanya fitur ini akan otomatis aktif saat sisa daya 20%.

Penutup

Demikian artikel dari Senjanesia.com tentang cara mengatasi iPhone panas yang bisa anda coba. Anda dapat menggunakan aplikasi pemantau CPU dan baterai untuk memantau kondisi iPhone. jadi Anda akan tahu kapan waktu istirahat dari penggunaan ponsel.

Jika ternyata baterai dan CPU bermasalah, maka segera bawa ke service center untuk segera diperbaiki. Tetapi jika masalahnya adalah perangkat lunak. Jadi, saran terbaik adalah melakukan Reset Iphone atau Update IOS ke versi terbaru.

Leave a Comment