Inilah 6 Cara Mengatasi Layar TV Berwarna Biru

cara mengatasi layar tv berwarna biru – Saat layar TV tiba-tiba berubah menjadi biru ketika sedang menonton acara TV favorit, masalah ini sangat wajar terjadi. Banyak orang berpikir bahwa layar TV biru berarti layar TV rusak tidak dapat diperbaiki.

Salah satu alasan mengapa warna TV tidak normal adalah kabel tidak dipasang dengan benar atau tidak akurat saat Anda membeli TV, atau TV tidak dapat menemukan sumber siaran, sehingga layar hanya menampilkan layar biru. Namun anda tidak perlu panik ketika mengalami masalah TV seperti ini karena kami akan membagikan cara mengatasi layar TV berwarna biru untuk membantu anda dalam memperbaiki TV anda.

Selain kesalahan pengkabelan, faktor usia pada TV juga dapat mempengaruhi kerusakan pada layar. Artinya, semakin tua usia TV, semakin banyak komponen yang harus diperbaiki. Ini cukup sering terjadi di TV tabung lama, membuat pemilik TV tabung bingung tentang apa yang harus dilakukan dengan layar TV tabung mereka berwarna biru.

Jadi bagaimana cara mengembalikan warna TV? Ada beberapa cara mengatur warna TV tabung yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan layar biru di TV Anda. Selain itu, Anda juga perlu mengetahui penyebab masalah ini. Dengan cara ini Anda tidak perlu bingung di kemudian hari karena Anda sudah tahu cara menanganinya.

Yuk, ikuti pembahasan pada postingan kali ini sampai habis dan temukan cara mengatasi layar TV tabung berwarna biru.

Cara mengatasi layar TV tabung berwana biru

Cara mengatasi layar TV berwana biru

Jika layar TV Anda berubah menjadi biru, mungkin karena kesalahan perangkat keras di TV Anda, dan jika tidak dapat diperbaiki, Anda harus menghubungi teknisi untuk memperbaikinya.

Baca Juga:   Ampuh! Ini Cara Agar Video Tiktok FYP dengan Cepat 2022

Layar biru mungkin bermasalah dengan lampu latar layar, jika ini adalah cacat produk pada saat pembelian, Anda dapat segera menggantinya dengan yang lain sebelum garansi berakhir.

Namun, untuk masalah sederhana, Anda bisa menyelesaikannya sendiri di rumah. Anda hanya perlu mengikuti setiap langkah saat kami menjelaskan cara menangani layar TV berwarna biru.

Nah, simak beberapa cara yang sudah kami siapkan di bawah ini untuk memperbaiki TV led layar biru.

1. Pastikan kabel sinyal terhubung ke TV.

Saat Anda menyadari bahwa layar TV Anda tiba-tiba berubah menjadi biru, segera periksa sumber sinyal TV Anda, seperti kabel kotak satelit, kabel streaming, atau antena yang tersambung dengan benar ke TV Anda. Ini bisa menjadi koneksi kabel sinyal yang longgar karena didorong atau didorong secara tidak sengaja oleh orang lain.

Jika masalah masih belum teratasi dan layar biru masih tidak hilang, mari beralih ke cara selanjutnya.

2. Pastikan tidak ada gangguan dari sumber sinyal lain.

Cara mengatasi layar TV berwarna biru selanjutnya adalah dengan memeriksa sinyal input TV atau video untuk melihat apakah ada sumber lain yang terhubung ke TV Anda. Ini seperti masih terhubung ke pemutar DVD atau konsol game.

Jika antena tersambung dengan benar ke port HDMI TV, “Tidak Ada Sinyal” akan muncul dan layar akan berubah menjadi biru. Anda dapat memperbaikinya dengan mengubah kabel sinyal ke port HDMI lain.

Baca Juga:   Kamera IG Tidak Bisa Dipencet, Kenapa? Ini Penjelasannya!

Nah, jika port HDMI kedua masih menunjukkan layar TV biru dan masih tidak ada sinyal saluran TV yang terdeteksi. Selanjutnya mari kita lanjutkan ke cara memperbaiki TV LED layar biru.

3. Atur Ulang Saluran TV.

Cara menghilangkan warna biru di layar tv selanjutnya dengan cara reset channel tv. Untuk melakukan ini, cabut TV dan tunggu 15 hingga 20 menit.

Tujuannya adalah mengembalikan suhu komponen di dalam TV menjadi normal, dan dalam beberapa kasus, layar TV akan menjadi biru karena suhu komponen TV yang berlebihan. Langkah ini juga bisa dijadikan sebagai cara memperbaiki semua merk TV tanpa suara.

Juga jangan lupa untuk mencabut kabel HDMI yang terhubung ke TV. Setelah sekitar 20 menit, sambungkan kembali semua kabel sesuai dengan portnya masing-masing, lalu pasang kembali kabel daya TV. Jika masalah masih belum teratasi, mari beralih ke cara selanjutnya.

4. Pastikan kabel sinyal terhubung hanya ke satu perangkat TV.

Mungkin akar masalahnya sebenarnya berasal dari kecerobohan Anda sendiri. Jika Anda mencoba menghubungkan antena dengan dua TV, inilah yang menyebabkan TV memiliki warna yang aneh.

Karena ini tidak mungkin jika Anda menghubungkan satu kabel sinyal ke dua TV yang berbeda. Nah, solusi untuk TV blue screen ini adalah dengan menambahkan jalur sinyal antena baru agar tetap bisa menampilkan gambar di kedua TV tersebut.

5. Periksa kabel antena.

Warna biru utama TV dapat disebabkan oleh kabel antena yang rusak atau rusak. Pasalnya, kabel antena TV memang menggunakan serat kabel yang cenderung putus jika ditekuk terlalu keras.

Baca Juga:   3 Cara Menghilangkan Iklan di HP Samsung

Nah, cara mengembalikan warna TV ke kondisi semula adalah dengan mengganti kabel antena yang Anda gunakan saat ini. Mengapa penggantian lengkap? Karena sulit untuk menentukan bagian mana dari kabel yang putus.

Jadi bagaimana Anda tahu kabel antena adalah sumber masalahnya? Anda dapat memeriksanya dengan mengganti kabel antena lama dengan kabel lain. Jika gambar TV kemudian dapat kembali normal, maka dapat disimpulkan bahwa kabel antena penyebabnya.

6. Posisi antena salah.

Seringkali, penempatan antena yang salah dapat memengaruhi kualitas gambar di TV Anda. Jika Anda menempatkan antena dengan arah yang salah, dapat menyebabkan TV memiliki warna yang aneh.

Dengan cara ini, saat memasang antena, Anda tidak bisa begitu saja mencolokkannya, karena ada penangkap sinyal saluran TV di dalam rakitan antena. Jika arah antena tidak sesuai dengan arah sinyal, gambar di TV menjadi tidak jelas.

Jika menggunakan antena built-in, Anda harus menjauhkan antena dari elektronik lain agar sinyal siaran TV tidak terganggu oleh medan elektromagnetik dari perangkat lain.

Penutup

Itulah ulasan menarik dari Senjanesia.com tentang cara mengatasi layar TV berwarna biru dan penyebab warna TV tidak normal. Semoga penjelasan admin diatas dapat membantu untuk mengatasi masalah warna layar TV menjadi biru. Juga, jika Anda menemukan solusi yang menurut Anda paling bisa menyelesaikan masalah ini, silakan tulis di kotak komentar, ya!

Leave a Comment